Saturday 17 August 2013

Pierre Jules Caesar (Lahir di Paris 22 february 1824) dan meninggal di Meudon 23 Desember 1907 pada umur 83 tahun. Dia meruapakan seorang astronom Perancis yang bersama dengan ilmuwan Inggris Joseph Norman Lockyer diakui sebagai penemu gas Helium
Sekilas tentang Heliam (He) adalah unsur kimia yang tak berwarna, tak berbau, tak berasa, tak beracun, hampir inert, berupa gas monatomik, dan merupakan [ertama pada golongan gas mulia dalam tabel periodik dan memiliki nomor atom 2. (lain waktu saya akan posting tentang Helium)

Pada tahun 1868 Janssen menemukan cara untuk melihat protuberans tanpa kejadian gerhana. Pada tanggal 18 agustus pada tahun yang sama, ketika melihat gerhana matahari di India dia menyadari adanya garis kuning terang dengan panjang gelombang 587, 49 nanometer dalam spektrum kromosfer matahari.

Pada tanggal 20 Oktober pada tahun yang sama Norman Lockyer turut melihat garis kuning yang sama pada spektrum surya bahwa hal itu disebabkan oleh unsur yang tidka diketahui,beberapaka kali mengalami percobaan untuk menguji apakah itu merupakan jenis hidrogen yang baru. Lockyer dan ahli kimia Edward Frankland menamakan unsur ini dengan perkataan Yunani untuk matahari (Helios)


Refernsi : wikipedia

0 comments:

Post a Comment

Thanks For Comments!


Tolong Berikan Komentar Untuk Membangun Blog Ini
Jika Ada yang Kekurangan dan Kelebihan Mohon Maaf terlebih dahulu, Mari kita perbaiki bersama.